Pages

Banner 468 x 60px

Rabu, 26 Februari 2020

Soal dan Pembahasan Biologi

0 komentar
1. Topik      : Pencemaran Lingkungan
Sub Topik : Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Indikator    : Peserta didik mampu menganalisis prosedur pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Tanah yang tercemar dapat ditanggulangi dengan menggunakan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri. Mikroorganisme tersebut dapat memecah zat-zat pencemar menjadi bahan yang tidak beracun. Proses penanggulangan tanah yang tercemar tersebut dinamakan...
a. remediasi
b. bioremediasi
c. reboisasi
d. polusi

Kunci: B
Pembahasan:
Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri. Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang tidak beracun.

2. Topik   : Pewarisan Sifat
Sub Topik : Pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia
Indikator : Peserta didik mampu menentukan manfaat dari penerapan pewarisan sifat pada tumbuhan dan hewan

Pewarisan sifat berperan penting dalam pemuliaan hewan. Jenis ayam berikut ini yang merupakan hasil persilangan beberapa jenis ayam unggul dari berbagai negara adalah ayam….
a. kampung
b. broiler
c. hutan
d. jago

Kunci: B
Pembahasan:
Pewarisan sifat berperan penting dalam pemuliaan hewan, yaitu menghasilkan hewan ternak berkualitas tinggi. Contoh hasil pewarisan sifat adalah unggas yang mampu menghasilkan banyak telur atau sapi dengan kualitas susu dan daging yang baik. Ayam broiler atau ayam potong yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia saat ini merupakan hasil persilangan beberapa jenis ayam unggul dari berbagai negara. Ayam ini menghasilkan banyak daging, memiliki daging yang lebih lezat, dan mampu menghasilkan telur dengan baik.

3. Topik        : Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik   : Ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
Indikator : Peserta didik mampu mengklasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae dan mamalia.

Berikut ini merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh kelompok Protista adalah…
a. prokariotik
b. eukariotik
c. makroskopis
d. multiseluler

Kunci : B
Pembahasan:
Kelompok Protista yang memiliki ciri-ciri selnya memiliki membran inti (eukariotik), mikroskopis, bersel tunggal (uniseluler) yang mampu berkembang biak. Beberapa contoh kelompok Protista adalah Amoeba, Euglena, Paramecium, Saprolegnia. 



4. Topik     : Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Topik : Keragaman pada sistem organisasi kehidupan
Indikator  : Peserta didik mampu mengklasifikasikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan dari sel, jaringan,organ, sistem organ dan organisme

Sel merupakan unit fungsional dan struktural terkecil dari sistem organisasi makhluk hidup. Sel sebagai unit struktural memiliki makna bahwa…
a. semua fungsi kehidupan berlangsung di dalam sel.
b. setiap makhluk hidup terdiri atas sel-sel.
c. sel-sel makhluk hidup bervariasi.
d. sel tidak dapat terlihat oleh pancaindra.

Kunci : B
Jawaban:

Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari mahkluk hidup. Sebagai unit struktural berarti setiap makhluk hidup tersusun dari sel atau sel-sel. Sebagai unit fungsional berarti semua fungsi-fungsi kehidupan berlangsung di dalam sel. Sel yang menyusun tubuh makhluk hidup pada umumnya berukuran sangat kecil. 

0 komentar:

Posting Komentar